Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 07 Mei 2011

MEMBANGUN DAN MEMBINA KELUARGA SEJAHTERA


PENDIDIKAN KELUARGA BAGI ANAK SD


A.     MASA PENCARIAN PASANGAN HIDUP
Mendapatkan pasangan hidup yang terbaik, tentu menjadi harapan setiap manusia. Seperti yang disebutkan dalam sabda Nabi saw, ada empat faktor yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih pasangan (1) harta, (2) keturunan, (3) kecantikan (rupawan), dan (4) agama (kesalehan). Kriteria ini secara keseluruhan telah mencukupi bagi seseorang dalam mendapatkan keluarga yang sakinah, mawaddah, wa arrahmah.Akan tetapi, kendalanya, mendapatkan keempat kriteria tersebut pada calon pasangan kita tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, bisa dikatakan, orang yang memenuhi keempat kriteria ini jumlahnya sangat sedikit. Selain itu, interpretasi terhadap harta, kecantikan, keturunan, dan agama (kesalehan) itu sendiri memiliki banyak hal.Akan hal itu, Rasulullah tidak hanya menentukan kriteria calon pasangan ideal, tapi juga memberikan banyak pengecualian dan himbauan dari keempat kriteria tersebut. Di antaranya, agar kita mengutamakan agamanya dan jangan sampai terkecoh karena kecantikan dan hartanya.Selain itu, interpretasi terhadap harta tidak melulu hanya soal harta yang banyak atau kaya raya, kecantikan tidak harus seperti model, keturunan tidak melulu karena keturunan bangsawan, dan din (agama) tidak sebatas definisi umum.
………….
Melalui shalat istikharah, kita akan mampu mengurai matematika jodoh atas pertolongan dan kehendak Allah. Sebab, memilih jodoh ideal itu lebih rumit daripada memilih sekolahan. Kerumitan ini bisa diakibatkan oleh faktor pendidikan, idealisme, keluarga, kepribadian, karakter, rasa was-was yang terkadang muncul, atau banyak hal lainnya.Di dalam buku “Istikharah Cinta –Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal” karya M. Shodiq Mustika, dkk yang diterbitkan QultumMedia ini, mengungkapkan banyak hal tentang pembahasan di atas. Yakni mengupas segala permasalahan jodoh untuk mencapai inti pokok, yaitu jodoh ideal.Buku ini adalah kaidah cerdas bagaimana memilih calon pasangan hidup. Kaidah ini di antaranya, terdiri dari interpretasi, studi kasus, mencontoh Rasulullah, perencanaan masa depan, dan sikap. Ada beberapa bentuk cara pencarian jodoh, anatara lain:

  1. Pacaran
Pacaran diartikan sebagai tahap untuk saling mengenal antara seorang pemuda dan pemudi yang saling tertarik dan berniat untuk mengadakan hubungan yang eksklusif (terpisah, sendiri, istimewa). Dengan pengertian itu, berarti pacaran memang diarahkan untuk suatu hubungan yang lebih lanjut, lebih dalam, dan lebih pribadi lagi. Ini tidak boleh diartikan sebagai keharusan untuk melanjutkan. Pacaran dimaksudkan sebagai situasi yang memungkinkan pasangan yang berelasi semakin dekat dan akhirnya menemukan kecocokan satu sama lain untuk melanjutkan hidup bersama dalam suatu hubungan resmi, baik pertunangan maupun perkawinan.
…………..
  1. Perjodohan
Perjodohan adalah salah satu cara yang ditempuh masyarakat dalam menikah. Tak ada ketentuan dalam syariat yang mengharuskan atau sebaliknya melarang perjodohan. Islam hanya menekankan bahwa hendaknya seorang Muslim mencari calon istri yang shalihah dan baik agamanya. Begitu pula sebaliknya.
Pernikahan melalui perjodohan ini sudah ……..
  1. Ta’aruf
Taaruf adalah kegiatan bersilaturahmi, kalau pada masa ini kita bilang berkenalan bertatap muka, atau main/bertamu ke rumah seseorang dengan tujuan berkenalan dengan penghuninya.
………
Adapun kriteria pemilihan jodoh yaitu
  1. Ketertarikan antara satu dengan yang lainnya.
  2. Persamaan latar belakang social.
  3. dsb…

B.     PERKAWINAN
  1. Pengertian Perkawinan
Perkawinan atau Pernikahan merupakan ikatan diantara dua insan yang mempunyai banyak perbedaan, baik dari segi fisik, asuhan keluarga, pergaulan, cara berfikir (mental), pendidikan dan lain hal.
……….
  1. Tujuan Perkawinan
……..
  1. Persiapan Perkawinan
………
  1. Kapankah perkawinan itu?
…………..

C.     KELUARGA (RUMAH TANGGA)
  1. Pengertian Keluarga
Keluarga atau rumah tangga merupakan suatu unit terkecil dari masyarakat. Ini berarti bahwa didalam masyarakat itu banyak terdapat rumah tangga atau kumpulan orang-orang yang sudah membentuk rumah tangga dalam kehidupannya. Apa yang terjadi ini sesuai dengan tabi’at manusia yang menurut Aristoteles disebut “ZOON POLITKON”’ yang artinya manusia adalah mahluk social yang hanya menyukai hidup bergolongan atau sedikitnya mencari teman untuk hidup bersama.
……….
  1. Macam-Macam Keluarga
………….
  1. Tujuan Keluarga
………..
  1. Fungsi Keluarga
………….
  1. Peranan Keluarga
………..
  1. Pola Asuh Dalam Keluarga
…………

D.    KELUARGA SEJAHTERA
  1. Pengertian Keluarga Sejahtera
Keluarga Sejahtera merupakan keuarga yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yangg syah mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan material yang layak, bertaqwa pd Tuhan YME yang memiliki hubungan yang serasi, selaras, dan seimbang, antara anggota dan antara keluarga dengan masyarakat dan lingkungan.
  1. Syarat-Syarat Untuk Mencapai Keluarga Sejahtera
............
  1. Ciri-Ciri Keluarga Sejahtera
…………
  1. Nilai-Nilai yang dapat Diberikan Orang Tua kepada Anak
Nilai-nilai personal adalah unsur psikofisik yang didapat anak sebagai turunan dari orang tua dan mengulturisasi dengan lingkungannya. Nilai-nilai yang terkandung dalam diri anak adalah proses yang berkelanjutan sepanjang hidupnya. Nilai-nilai yang terkulturisasi akan membentuk prinsip-prinsip yang dipegang anak dalam interaksi sbg makhluk sosial dalam masyarakat.
Anak akan mengintimidasikan semua perilaku sari model yang ditampilkan orang tua. Maka peranann orang tua untk menanamkan nilai-nilai kpada anak dapat dilakukan melalui interaksi yang berkesinambungan terhadap bentuk dan pola kehidupan anak (relation).
........

  1. Menjadi Orang Tua yang Baik
Menjadi orang tua yang baik erat kaitannya dengan pola kepemimpinan orang tua. Kepemimpinan orang tua dalm keluarga akan memberikan gambaran keberadaan keluarganya.
…………

  1. Suasana Rumah
……….
  1. Cara Orang Tua Membuat Anak Mandiri Sejak Dini
...........
  1. Ciri-Ciri Orang Tua Sempurna
.............

Untuk mendapatkan file lengkapnya (±15 lembar/halaman), PEMINAT dapat melakukan pemesanan dengan donasi (tertera dalam formulir pemesanan) sesuai kantong anak kuliahan (sekedar ucapan terima kasih). Coba aja dulu download petunjuk pemesanannya dibawah ini ya!!!!! Setelah itu, jika tertarik baru lakukan pemesanan


Berikut ini disediakan beberapa makalah/tugas mata kuliah-mata kuliah tertentu:



Selain itu, ada juga Skripsi lengkap dan Proposal-proposal penelitian, serta Laporan Praktek Lapangan baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Mampir dulu ya diblog ini!!!!!