Cari Blog Ini

Jumat, 06 Mei 2011

LAPORAN SURVEY KURIKULUM (PENGEMBANGAN DIRI) DI SMP


MANAJEMEN BK DI SEKOLAH

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, disertai keteguhan dan kesabaran hati, akhirnya laporan pengamatan atau survey lapangan ini dapat diselesaikan.
Dalam penulisan ini,  penulis menyadari bahwa tanpa adanya bantuan dari semua pihak tidak mungkin penulis dapat menyelesaikannya. Oleh karena itu, ucapan terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan terutama kepada:
...........
Kemudian itu pula, dengan rasa rendah hati penulis juga menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikkan dimasa yang akan datang. Walaupun demikian penulis mengharapkan laporan pengamatan atau survey lapangan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
XXX,    Januari 2010 Penulis






BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
..........
Berdasarkan dua batasan di atas, maka pendidikan di Indonesia  tidak hanya memprioritaskan perkembangan aspek kognitif atau pengetahuan peserta didik, namun juga  tetapi perkembangan individu sebagai pribadi yang unik secara utuh. Oleh karena setiap satuan pendidikan harus memberikan layanan  yang dapat memfasilitasi perkembangan pribadi siswa secara optimal berupa bimbingan dan konseling. Oleh karena itu, penulis mengadakan survey atas pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling khususnya pada program Pengembangan Diri di SMPN 17 Kota XXX.

B.     TUJUAN
Tujuan yang yang ingin dicapai dari pengamatan atau survey lapangan ini adalah:

C.    MANFAAT
Adapun manfaat dari pengamatan atau survey lapangan yang mengenai manajemen bimbingan konseling disekolah ini adalah sebagai berikut: ….


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.      Pengertian, Posisi dan Tujuan Bimbingan dan Konseling
1. Pengertian
Bimbingan dan konseling adalah upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dengan menciptakan lingkungan perkembangan yang kondusif, dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, supaya peserta didik dapat memahami dirinya sehingga sanggup mengarahkan diri dan dapat ber- tindak secara wajar, sesuai dengan tuntutan tugas-tugas perkembangan.  Upaya bantuan ini dilakukan secara terencana dan sistematis untuk semua peserta didik berdasarkan identifikasi kebutuhan mereka, pendidik, institusi dan harapan orang tua dan dilakukan oleh seorang tenaga profesional bimbingan dan konseling yaitu konselor.
..........

2.      Posisi Bimbingan Konseling
The Guidance Service is the Heart of Educational Process. Bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari sistem pendidikan seperti tergambarkan pada gambar 2. 1 sebagai berikut: …….

3.      Tujuan Bimbingan Konseling
Bimbingan dan konseling bertujuan membantu peserta didik mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai makhluk Tuhan, sosial, dan pribadi. Lebih lanjut tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu individu dalam mencapai:......

B.      Pengembangan Program  Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah
Layanan bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang terencana berdasarkan pengukuran kebutuhan (need asessment) yang diwujudkan dalam bentuk program bimbingan dan konseling. Program bimbingan dan konseling di sekolah dapat disusun secara makro untuk 3 (tiga) tahun, meso 1 (satu) tahun dan mikro sebagai kegiatan opersional dan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan khusus. Program menjadi landasan yang jelas terukur layanan profesional yang diberikan oleh konselor di sekolah. Pengawas perlu mengetahui dan memahami bagaimana struktur dan lingkup program sebagai bahan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja konselor dan pelayanan pendidikan psikologis yang diterima oleh peserta didik untuk mendukung pencapaian perkembangan yang optimal serta mutu proses dan hasil pendidikan Program bimbingan dan konseling disusun berdasarkan struktur program dan bimbingan dan konseling perkembangan
Struktur program bimbingan diklasifikasikan ke dalam empat jenis layanan, yaitu :..........

C.     Kegiatan Ekstrakulikuler Untuk Pengembangan Diri

BAB III
HASIL PENGAMATAN

Pengamatan atau survey dilaksanakan pada hari senin tanggal 25 Januari 2010 dengan mengambil subjek yaitu SMPN 17 Kota XXX.
SMPN 17 Kota XXX dipimpin oleh Ibu HMNFKJF, M.Pdi. SMPN ini memiliki empat orang Guru Pembimbing Yaitu :
·         NMGFVH, S.Pd sebagai Guru Pembimbing Kelas VII
·         HMNFM, S.Pd sebagai Guru Pembimbing Kelas VIII
·         NVMHH, S.Pd sebagai Guru Pembimbing Kelas VIII
·         MJHFGVJH. Z, BA sebagai Guru Pembimbing Kelas VIIII
Dari hasil wawancara dengan dua orang Guru Pembimbing, mereka mengatakan bahwa mereka belum menetapkan siapa yang menjadi Koordinator Bimbingan dan Konselingnya.
Selain itu, diperoleh keterangan bahwa untuk semester ini Program Bimbingan dan Konseling tidak mendapat jam khusus untuk mengadakan layanan secara klasikal (jam masuk ke kelas). Mereka hanya mendapat atau mengadakan layanan jika ada yang membutuhkan atau lagi menghadapi suatu permasalahan atau hanya menerima siswa yang datang untuk dibantu.
………..

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
Berdasarkan uraian hasil atau pengamatan dengan segala keterbatasan, serta bertitik tolak pada tujuan pengamatan maka ditarik kesimpulan sebagai berikut:
................
B.     SARAN
Dalam bagian ini, ada beberapa saran yang ingin penulis kemukakan sehubungan permasalahan diatas, antara lain: …..

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


                       
Untuk mendapatkan file lengkapnya (±20 lembar/halaman), PEMINAT dapat melakukan pemesanan dengan donasi (tertera dalam formulir pemesanan) sesuai kantong anak kuliahan (sekedar ucapan terima kasih). Coba aja dulu download petunjuk pemesanannya dibawah ini ya!!!!! Setelah itu, jika tertarik baru lakukan pemesanan


Berikut ini disediakan beberapa makalah/tugas mata kuliah-mata kuliah tertentu:






Selain itu, ada juga Skripsi lengkap dan Proposal-proposal penelitian, serta Laporan Praktek Lapangan baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Mampir dulu ya diblog ini!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar