Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 06 Mei 2011

KONSELING KARIR


Dalam pelayanan bimbingan dan konseling ada empat bidang pelayanan yang harus diberikan kepada siswa yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir. Bimbingan karir pada hakekatnya merupakan salah satu upaya pendidikan melalui pendekatan pribadi dalam membantu individu untuk mencapai kompetisi yang diperlukan dalam menghadapi masalah-masalah karir.
Donald D. Super (1975) dalam Karneli (?:1) mengartikan bimbingan karir sebagai suatu proses membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran diri serta peranannya dalam dunia kerja. Menurut batasan ini, ada dua hal penting, pertama proses membantu individu untuk memahami dan menerima diri sendiri, dan kedua memahami dan menyesuaikan diri dalam dunia kerja. Oleh sebab itu yang penting dalam bimbingan karir adalah pemahaman dan peCareer guidance … encompasses all of the service that aim at helping pupils make occupational and educational plans and decisions penyesuaian diri baik terhadap dirinya maupun terhadap dunia kerja.
Kemudian, Rasimin (2008:1) memaparkan bahwa bimbingan karir perlu diberikan kepada siswa untuk menjaring serta menyeleksi proforsi-proforsi yang dimiliki atau potensi-potensi yang sesuai yang dimiliki oleh para siswa dalam menetukan pilihannya untuk menjadikan dirinya pada pekerjaan, jabatan atau karir yang tersedia.
Berdasarkan uraian diatas, timbul beberapa pertanyaan yang jawabannya akan memberikan ulasan lebih dalam mengenai konseling karir. Beberapa pertanyaan yang diajukan yaitu:
1.      Pengertian bimbingan karir dan manfaat mempelajarinya?
2.      Prinsip-prinsip bimbingan karir dan contoh aplikasinya?
3.      Langkah-langkah pelaksanaan informasi karir di sekolah?
4.      Paket informasi karir untuk SMA kelas III?
5.      Apa faktor-faktor kepuasan karir, dan faktor-faktor yang mempengaruhi karir seseorang?
Dalam pembahasan kali ini, kesemua pertanyaan yang diajukan tersebut diatas akan diuraikan secara rinci berdasarkan literatur-literatur tentang konseling karir.
.........................

DAFTAR PUSTAKA

                       
Untuk mendapatkan file lengkapnya (±18 lembar/halaman), PEMINAT dapat melakukan pemesanan dengan donasi (tertera dalam formulir pemesanan) sesuai kantong anak kuliahan (sekedar ucapan terima kasih). Coba aja dulu download petunjuk pemesanannya dibawah ini ya!!!!! Setelah itu, jika tertarik baru lakukan pemesanan


Berikut ini disediakan beberapa makalah/tugas mata kuliah-mata kuliah tertentu:



Selain itu, ada juga Skripsi lengkap dan Proposal-proposal penelitian, serta Laporan Praktek Lapangan baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Mampir dulu ya diblog ini!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar