Cari Blog Ini

Jumat, 06 Mei 2011

LAPORAN PRAKTEK DI RUMAH SAKIT JIWA


KONSELING POPULASI KHUSUS

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT, dengan segala petunjuk dan hidayah-Nya Alhamdulillah penulis dalam menyelesaikan penulisan laporan hasil Konseling kegiatan praktek di RSJD XXX sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.
Konseling ini dilaksanakan 3 kali pertemuan, merupakan wadah yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh, melatih keterampilan dan keahlian dalam melaksanakan Layanan Bimbingan dan Konseling sebagai Calon Guru Pembimbing.
Atas terselenggaranya Konseling yang penulis lakukan dan telah dapat pula menyusun laporan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada:
Penulis menyadari sepenuhnya dalam penulisan laporan Kegiatan Konseling ini masih jauh dari harapan dan kesempurnaannya, untuk itu penulis mohon kepada semua pihak untuk memberikan sumbangan saran, demi kesempurnaan dan perbaikan dalam penulisan laporan Konseling konseling ini. Semoga ALLAH SWT selalu memberikan keberkahan dan kemudahan kepada kita dalam melaksanakan kegiatan maupun aktivitas, Amin.




 





























BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Gangguan jiwa (mental disorder) merupakan salah satu dari 4 (empat) masalah kesehatan  utama di negara-negara maju, modern dan industri. Keempat masalah kesehatan utama itu, yaitu :
1.      Penyakit degeneratif                                     3.      Gangguan jiwa
2.      Kanker                                                        4.      Kecelakaan
Meskipun gangguan jiwa tersebut tidak dianggap sebagai gangguan yang menyebabkan kematian secara langsung, namun beratnya gangguan tersebut, dalam arti ketidakmampuan secara indvidualitas baik secara individu maupun kelompok akan menghambat pembangunan, karena mereka tidak produktif dan tidak efisien.
……….
Dalam hal ini salah satu bentuk gangguan jiwa adalah menarik diri. Menarik diri didefinisikan sebagai usaha menghindari interaksi dengan orang lain, yang mana individu mempunyai kesulitan untuk berhubungan secara spontan dengan orang lain, yang dimanifestasikan dengan sikap memisahkan diri, tidak ada perhatian dan tidak sanggup membagi pengalaman dengan orang lain (Stuard dan Hidden, 1998)
Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis menjadi tertarik untuk melakukan Konseling terhadap individu yang mengalami isolasi diri (menarik diri) tersebut.

B.     TUJUAN
Tujuan yang hendak dicapai dalam praktek konseling ini adalah untuk mempraktekkan langsung teori-teori yang telah penulis pelajari.

C.    MANFAAT
Manfaat yang hendak dicapai dalam dari praktek konseling ini adalah sebagai berikut : ….

D.    TEKNIK
Adapun teknik yang digunakan yaitu observasi wawancara konseling dan menanyakan, serta melihat data tertulis pada petugas rumah sakit.

BAB II
TINJAUAN KEPUSTAKAAN

A.    Pengertian Menarik Diri (Isolasi)
Isolasi adalah keadaan dimana individu atau kelompok mengalami atau merasakan kebutuhan atau keinginan untuk meningkatkan keterlibatan dengan orang lain tetapi tidak mampu untuk membuat kontak ( Carpenito, 1998 ) Isolasi sosial adalah suatu keadaan kesepian yang dialami oleh seseorang karena orang lain menyatakan sikap yang negatif dan mengancam (Towsend,1998) Seseorang dengan perilaku menarik diri akan
……..

B.     Jenis Isolasi (Menarik Diri)
Isolasi atau menarik diri, terbagi dalam 3 jenis, yaitu :
…………

C.    Penyebab Dari Menarik Diri
Salah satu penyebab dari menarik diri adalah harga diri rendah. Harga diri adalah penilaian individu tentang pencapaian diri dengan menganalisa seberapa jauh perilaku sesuai dengan ideal diri. Dimana gangguan harga diri dapat digambarkan sebagai perasaan negatif terhadap diri sendiri, hilang kepercayaan diri, merasa gagal mencapai keinginan.
......

D.    Akibat Dari Menarik Diri
Klien dengan perilaku menarik diri dapat berakibat adanya terjadinya resiko perubahan sensori persepsi (halusinasi). Halusinasi ini merupakan salah satu orientasi realitas yang maladaptive, dimana halusinasi adalah persepsi klien terhadap lingkungan tanpa stimulus yang nyata, artinya klien menginterprestasikan sesuatu yang nyata tanpa stimulus/ rangsangan eksternal.
 ………

E.     Bentuk Kegiatan

BAB III
PERMASALAHAN DAN PEMBAHASAN

Nama kasus Nona Bunga (Bukan nama sebenarnya) yaitu isolasi diri atau menarik diri.
Tanda dan gejala pada individu yang mengalami isolasi diri yaitu :
  1. Perasaan malu terhadap diri sendiri akibat penyakit. Contohnya, rambut botak karena terapi dan sebagainya.
  2. rasa bersalah terhadap diri sendiri; mengkritik atau menyalahkan diri sendiri.
  3. gangguan hubungan sosial, menarik diri, menghindar dari orang lain.
           .............

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
Pelaksanaan praktikum di RSJD Jambi memberikan bantuan kepada 1 (satu) orang konseli, dapat disimpulkan dari hasil bantuan yang telah diberikan sebagai berikut:
................
B.     SARAN
Dalam bagian ini, ada beberapa saran yang ingin penulis kemukakan sehubungan permasalahan diatas, antara lain: …..

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


                       
Untuk mendapatkan file lengkapnya (±20 lembar/halaman + 26 Slide persentasi (powerpoint)), PEMINAT dapat melakukan pemesanan dengan donasi (tertera dalam formulir pemesanan) sesuai kantong anak kuliahan (sekedar ucapan terima kasih). Coba aja dulu download petunjuk pemesanannya dibawah ini ya!!!!! Setelah itu, jika tertarik baru lakukan pemesanan


Berikut ini disediakan beberapa makalah/tugas mata kuliah-mata kuliah tertentu:





 

















Selain itu, ada juga Skripsi lengkap dan Proposal-proposal penelitian, serta Laporan Praktek Lapangan baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Mampir dulu ya diblog ini!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar