Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 07 Mei 2011

HASIL INSTRUMEN SOSIOMETRI DAN SOSIOGRAM


 INSTRUMENTASI DALAM KONSELING NON-TES

Menurut Nurkancana, dkk (1983) dalam Nelyahardi (2008:3) sosiometri merupakan salah satu alat pengumpulan dat yang pertama kali dikembangkan oleh Moreno dan Jennins. Sedangkan menurut Drever (1989) sosiometri merupakan studi tentang hubungan timbal balik yang dinamis dari pada individu dalam sebuah kelompok sosial.
Perlunya teknik ini dalam kegiatan program BK didasarkan pada suatu anggapan bahwa kelompok mempunyai struktur hubungan interpersonal yang komplek, dan hubungan ini dapat digambarkan lewat Sosiogram akan dapat mengetahui secara umum ukuran berteman atau ukuran hubungan sosial seseorang dalam kelompoknya.
Bentuk-bentuk hubungan sosial itu dapat digambarkan atau dinyatakan melalui 3 hal yaitu sebagai berikut:
1.      FREKWENSI, mengambarkan sering atau tidaknya seseorang bergaul dengan orang lain.
2.      INTENSITAS, mengambarkan dangkal atau dalamnya hubungan sosial seseorang bergaul dengan orang lain.
3.      POPULARITAS, mengambarkan banyak sedikitnya teman bergaul seseorang.
Menurut Drever (1983) dalam Nelyahardi (2008:4), Sosiogram adalah penyajian garfik dari hubungan antar perorangan dalam suatu kelompok sosial. Sosigram disusun berdasarkan data tentang hubungan seseornag yang telah disusun dalam bentuk TABEL MATRIK SOSIOMETRI. Dari hasil sosiometri ini akan muncullah macam-macam bentuk KONFIGURASI HUBUNGAN SOSIAL  sekelompok individu, antara lain:.....

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN (Hasil sosiometri dan sosigram, serta nama kelompok dan leger nilai)
                       
Untuk mendapatkan file lengkapnya (±12 lembar/halaman + Daftar nama dan Leger nilainya), PEMINAT dapat melakukan pemesanan dengan donasi (tertera dalam formulir pemesanan) sesuai kantong anak kuliahan (sekedar ucapan terima kasih). Coba aja dulu download petunjuk pemesanannya dibawah ini ya!!!!! Setelah itu, jika tertarik baru lakukan pemesanan


Berikut ini disediakan beberapa makalah/tugas mata kuliah-mata kuliah tertentu:


Selain itu, ada juga Skripsi lengkap dan Proposal-proposal penelitian, serta Laporan Praktek Lapangan baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Mampir dulu ya diblog ini!!!!!