Cari Blog Ini

Jumat, 06 Mei 2011

MAKALAH HAKEKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dalam waktu yang direncanakan.
Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari pihak-pihak secara langsung maupun tidak langsung selama mengikuti perkuliahan di ...., maka makalah ini tidak terwujud sebagaimana mestinya. Melalui kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna, oleh karena itu kritikan dan saran dari semua pihak. Akhirnya penulis berharap semoga Proposal ini ada manfaatnya dalam mencapai tujuan yang diharapkan.





A.    PENGANTAR
Belajar merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh individu secara sadar untuk mencapai perubahan pada dirinya, perubahan tersebut berupa perubahan tingkah laku, penambahan pengetahuan, dan perubahan-perubahan lainnya yang bersifat positif dan dapat dimanfaatkan oleh individu pelaku belajar.
Belajar pada hakekatnya merupakan proses kegiatan secara berkelanjutan dalam rangka perubahan perilaku peserta didik secara konstruktif. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (Hanafiah & Suhana, 2010:20).
……….

B.     KONSEP BELAJAR
Witherington dalam Hanafiah & Suhana (2010:5) menyatakan bahwa belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanisfestasikan sebagai pola-pola respons baru yang berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan. Sedangkan Gagne, Berliner, dan Hilgard dalam Hanafiah & Suhana (2010:5) menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang muncul karena pengalaman.
Perubahan perilaku dalam belajar mencakup seluruh aspek pribadi peserta didik, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagaimana dikemukakan Bloom, dkk dalam Hanafiah & Suhana (2010:20) sebagai berikut:
  1. Aspek Kognitif
  2. Aspek Afektif
  3. Aspek Psikomotorik
Kegiatan belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam diri siswa maupun faktor yang berasal dari luar diri siswa.dalam kegiatan belajar siswa memperhatikan faktor internal saja tidak cukup, tetapi harus pula memperhatikan faktor eksternal.
Belajar sebagai kegiatan sistematis dan kontinu memiliki prinsip-prinsip dasar sebagai berikut (Hanafiah & Suhana, 2010:18).
………

C.    PEMBELAJARAN
Pembelajaran (intruction) yaitu proses membuat seseorang melakukan proses belajar sesuai dengan rancangan atau bagaimana membuat sesorang belajar (Rasimin, 2008).
Dalam mencapai proses pembelajaran tersebut, maka perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
……..
DAFTAR PUSTAKA

                       
Untuk mendapatkan file lengkapnya (±20 lembar/halaman (Word) + ±22 Slide dalam bentuk Persentasi (Powerpoint)), PEMINAT dapat melakukan pemesanan dengan donasi (tertera dalam formulir pemesanan) sesuai kantong anak kuliahan (sekedar ucapan terima kasih). Coba aja dulu download petunjuk pemesanannya dibawah ini ya!!!!! Setelah itu, jika tertarik baru lakukan pemesanan


Berikut ini disediakan beberapa makalah/tugas mata kuliah-mata kuliah tertentu:




Selain itu, ada juga Skripsi lengkap dan Proposal-proposal penelitian, serta Laporan Praktek Lapangan baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Mampir dulu ya diblog ini!!!!!